Indonesian English

Pentingnya Profesi Akuntan

 

Pentingnya Profesi Akuntan

Kondisi perekonomiam Indonesia yang terus mengalami perkembangan signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini memberikan konsekuensi terhadap tingginya kebutuhan tenaga akuntan yang berkualitas. Akuntan yang dibutuhkan meliputi akuntan internal, akuntan publik, akuntan manajemen, akuntan forensik dan sebagainya.

Di samping jumlah kebutuhan akuntan yang meningkat, kompetensi akuntan juga dituntut untuk meningkat dari waktu ke waktu, hal ini disebabkan karena pintu gerbang berlakunya ASEAN Economic Community yang telah diberlakukan mulai tahun 2015 menuntut semua profesi di antaranya profesi akuntan untuk ikut andil dalam gerak persaingan untuk mencapai sebuah cita-cita kemakmuran bangsa indonesia. Tantangan besar tersebut menuntut Pendidikan Profesi Akuntan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada melalkukan pembenahan pada berbagai hal diantaranya adalah proses penerimaan mahasiswa, proses pembelajaran, seta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk merespon tantangan yang semakin menuntut kompetensi dan profesinalisme akuntan.

Sebagai wujud respon tersebut, Pendidikan Profesi Akuntan FEB UGM mensyaratkan lulusannya untuk mengikuti uji kompetensi Chartered Accountant (CA) oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) atau uji kompetensi Certified Professional Accountant of Indonesia (CPAI) oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) yang diharapkan dapat memberikan nilai lebih bagi lulusan Pendidikan Profesi Akuntan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

 

Manfaat mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan UGM

Dengan mengikuti pendidikan profesi akuntan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, peserta akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  • Dapat mempersiapkan ujian sertifikasi baik Chartered Accountant dan /atau Certified Public Accountant dengan lebih baik karena kurikulum yang disesuaikan dengan kedua mata ujian tersebut.
  • Untuk ujian Chartered Accountant maupun Certified Professional Accountant, peserta pendidikan profesi akuntan akan dikenakan biaya ujian lebih murah.
  • Untuk lulusan PPAk FEB UGM akan langsung mendapatkan waiver untuk mata ujian level dasar ACPAI (Associate Certified Professional Auditor of Indonesia) sehingga dapat diberikan gelar ACPAI setelah mengikuti ujian Certified Professional Accountant.
  • Untuk sertifikasi level profesional (Certified Professional Accountant), lulusan PPAk FEB UGM hanya menempuh 2 (dua) dari 5 mata ujian yang disyaratkan (mendapatkan waiver 3 mata ujian).
  • Dapat melanjutkan ke Program Magister Akuntansi FEB UGM dengan mendapatkan waiver mata kuliah tertentu (sesuai dengan Index Prestasi Kumulatif di PPAk FEB UGM)

 

Ketentuan Tambahan Universitas

Calon Mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada diwajibkan untuk menempuh ujian Chartered Accountant dan lulus ujian tersebut dalam rentang waktu maksimal 1 (satu) tahun setelah proses pendidikan selesai.

 

badgeugm-footer

Copyright © 2014 | Pendidikan Program Profesi Akuntan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada
Jln. Sosio Humaniora Bulaksumur No.01, Yogyakarta 55281, Indonesia
Telp dan Fax: (0274) 548506, 548507 | Email: akuntan@mail.ugm.ac.id